Cara Mengganti Kain Pelapis Sofa

 

Mengganti kain pelapis sofa bisa menjadi cara yang berguna untuk memberikan sentuhan pribadi pada furnitur komersial atau furnitur yang telah mulai usang. Proses ini mungkin cukup sulit, namun hasilnya sepadan, terlebih jika Anda menikmati kegiatan swakarya. Dengan sedikit bantuan dan panduan, prakarya ini sebenarnya cukup menyenangkan dan bermanfaat.

Metode 1 dari 2:
Membuka Pelapis yang Lama

  1. 1 Tentukan sofa yang tepat. Percaya atau tidak, sama seperti mobil yang dapat dimodifikasi, sebagian besar furnitur dirancang agar lapisannya dapat diganti. Hanya karena kain pelapis sofa sudah tampak usang, tidak berarti sofa itu harus Anda buang. Anda masih bisa memanfaatkannya.
  2. Pilih sofa yang sesuai dengan selera Anda. Paling tidak, carilah sofa yang gayanya dapat diubah menjadi sesuatu yang Anda sukai setelah selesai.
  3. 3 Ambil gambar sofa sebelum dipasangi kain pelapis. Ambil gambar sofa sebelum membuka lapisannya, dan selama "memperbaikinya". Ambil gambar bagian dalam dan luar, depan dan belakang. Ambil gambar dari dekat di bagian yang sedikit tersembunyi.
    • Sofa bukanlah benda yang rumit seperti mesin, namun prakarya ini membutuhkan waktu cukup lama, jadi Anda sebaiknya mempunyai dokumentasi foto sebagai acuannya. Anda tidak pernah tahu saat harus mengulangi suatu proses dan memasangkan bagian-bagian sofa sebelum kain pelapisnya dilepaskan.
  4. 4 Lepaskan bagian-bagian sofa sesuai urutan berikut ini. Berhati-hatilah untuk tidak merusak lapisan lama sofa atau bagian lain yang diperlukan, seperti bantalan sofa, saat melepaskannya. Atau, lepaskan kain pelapis sesuai urutan berikut ini:
    • Setelah membalik posisi sofa (atas ke bawah, atau belakang ke depan), lepaskan kain pelindung dan kain pelapis di bagian bawahnya.
    • Balik kembali posisi sofa dan lepaskan kain pelapis di bagian punggung, lengan, bagian dalam punggung, serta bagian dalam lengan dan leher sofa.
    • Jika ukuran kain pelapis lama pas, Anda bisa menggunakannya sebagai pola kain pelapis yang baru. Simpan kain pelapis lama ini hingga sofa selesai diperbaiki, sehingga dapat dijadikan sebagai acuan bila perlu.
  5. 5 Periksa bantalan sofa yang rusak. Setelah kain pelapis sofa dilepaskan, periksa apakah ada isi bantalan yang harus diganti. Jika bantalan sofa harus diganti, belilah busa berkualitas tinggi (seberat 1-1,3 kg) yang dapat digunakan selama bertahun-tahun. Busa yang lebih murah biasanya lebih cepat rusak.
    • Harga busa berkualitas tinggi dapat naik dengan sangat cepat. Harga busa semacam ini berhubungan dengan harga minyak bumi yang merupakan bahan dasarnya. Namun, jangan ganti dengan busa yang lain, atau sofa Anda akan tampak bagus, namun tidak nyaman saat digunakan.

Metode 2 dari 2:
Membuat Kain Pelapis Baru

  1. 1 Gunakan gambar sebagai panduan. Saat membuat dan menyusun kain pelapis baru, Anda mungkin perlu membuka kembali koleksi gambar sofa yang diambil saat mulai melepaskan bagian-bagiannya, atau meminta saran dari orang yang lebih berpengalaman.
  2. 2 Potong kain Anda. Carilah tempat yang datar dan luas (seperti meja besar atau lantai) untuk membuka gulungan kain dan memotongnya. Gunakan kain pelapis yang lama sebagai pola potongan kain yang baru. Letakkan kain pelapis lama di atas kain yang baru sedemikian sehingga Anda dapat menghemat kain yang baru.
    • Tambahkan 1,2 cm di tepi kain untuk mengelim.
    • Tambahkan 2,5-7,5 cm di bagian ujung pelapis sehingga dapat dipasangkan ke sofa.
  3. 3 Jahit kain. Mesin jahit logam yang kuat akan memberikan hasil lebih bagus dan tahan lama dibandingkan mesin jahit plastik saat ini. Gunakan dudukan ritsleting untuk menjahit sudut kain. Gunakan benang dan jarum kuat untuk menjahit. Gunakan lebar kelim 1,2 cm.
  4. 4 Siapkan staples kuat untuk memasangkan kain pelapis yang baru ke sofa. Jika tidak punya, belilah staples berkualitas tinggi dan gunakan.
  5. 5 Awali dengan memasang kain yang baru berkebalikan dengan urutan melepaskannya. Pertama-tama, pasangkan dudukan sofa, kemudian lengan dan punggung bagian dalam secara berurutan. Cara apa pun yang Anda gunakan untuk memasangkan kain, pastikan untuk menariknya erat-erat atau kain pelapis ini lama-kelamaan akan merenggang.
    • Setelah bagian dalamnya terpasang, ukur, dan jahitkan bantal sofa. Jika bantal sofa terlalu besar atau kecil, sesuaikan ukurannya dengan tempat duduk dengan mengendurkan atau mengencangkan lengan dan punggung bagian dalam sofa. Setelah itu, pasangkan lengan dan punggung bagian luar.
  6. 6 Pamerkan sofa yang baru setelah selesai. Mungkin inilah sebenarnya langkah yang paling penting.

Tips

  • Gunakan kain yang tebal. Sofa akan diduduki, diloncati, ditumpahi, diusap, dipindahkan, dijadikan alas tidur, dll. Jadi, belilah kain yang tebal dan tahan lama.
  • Kerjakan sekali saja dengan benar. Anda patut mengeluarkan biaya sedikit lebih besar untuk mendapatkan bahan yang bagus.
  • Belilah kain yang sedang diobral.
  • Sering kali, Anda harus membuat bantal sofa yang baru juga. Jika Anda akan membeli furnitur yang harus diperbaiki pelapisnya, pilihlah yang tidak membutuhkan bahan pengisi baru. Busa dan bantal cukup mahal, sehingga biaya yang diperlukan terlalu besar.
  • Berusahalah untuk mencari furnitur yang tidak perlu banyak dijahit.
  • Untuk memperbaiki furnitur kayu: kayu keras dapat dicat ulang dengan warna yang lebih cerah, gelap, atau bahkan berbeda. Jika Anda akan mengecat ulang kayu, lepaskan kain pelapis beserta bagian lain sebelumnya.
  • Furnitur adalah benda yang unik. Tukang sofa profesional sekalipun kesulitan mempelajarinya. Beberapa hal mungkin memang hanya dapat dipelajari dan dikuasai setelah gagal beberapa kali, dan sayangnya, sofa masuk ke dalam kategori ini.
  • Jika Anda harus menjahit, tunggulah hingga saat-saat terakhir, kalau-kalau hal berikut ini yang berubah: kain, ketebalan bantal, warna, cat kayu, dll. Jika Anda harus menjahit sendiri, gunakan bantal yang lama sebagai panduannya, karena ukurannya telah dibuat agar sesuai dengan sofa.

Tidak ada komentar:
Write comments

ikuti Kami Dengan Masukan Email?
Untuk Mengetahui Promo update !